Oleh: sijaribu | 13 Oktober 2008

Atasi KOLESTEROL Sekarang!

Jangan jadikan hidangan bersantan yang tinggi kolesterol sebagai makanan favorit Anda.

Sudah saatnya Anda pegang kendali atas kolesterol.

gambar kolesterol

gambar kolesterol

Hari Raya lalu Anda banyak menyantap makanan berlemak yang gurih dan mengandung banyak antan, sekarang saatnya Anda membatasi makanan jenis itu agar kolesterol Anda terjaga.

Kolesterol merupakan zat lemak yang beredar di dalam darah, diproduksi oleh hati, dibutuhkan

tubuh untuk membentuk dinding sel-sel dan merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid.

Setiap orang memiliki kolesterol di dalam darahnya, baik diproduksi sendiri oleh tubuh maupun berasal dari makanan. Namun, seringkali kolesterol berlebih diakibatkan pola makan yang tidak sehat, sehingga malah menimbulkan masalah, terutama pada pembuluh darah jantung dan otak.

Kolesterol yang berlebih akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan aterosklerosis, yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah, yang biasanya terjadi pada arteri di otak, jantung, ginjal, organ vital lainnya dan lengan serta tungkai. Kolesterol darah

yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.

Pemicu kolesterol berlebih

Sesuatu yang berlebih memang tidak baik, begitu juga dengan kolesterol. Apa saja yang membuat kolesterol Anda menumpuk?

1. Adanya faktor genetik atau keturunan

Sebagian orang memang bisa memproduksi sendiri kolesterol lebih banyak ketimbang orang lain. Tak heran, meski ia sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol atau lemak jenuh, namun kolesterolnya bisa meningkat.

2. Makanan yang dikonsumsi

Ini yang paling umum dialami. Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak yang berasal dari daging merah, atau yang gurih dan berminyak berpotensi meningkatkan kolesterol.

3. Gaya hidup

Hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti malas olahraga, merokok, dan minum minuman beralkohol.

Macam kolesterol

Tak semua kolesterol berbahaya. Secara garis besar, kolesterol dibedakan menjadi:

1. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Merupakan kolesterol atau lemak jahat. Bila jumlahnya lebih, maka kolesterol akan diendapkan pada dinding pembuluh darah, lalu membeku, dan dapat menyumbat pembuluh darah.

2. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Merupakan kolesterol baik yang mempunyai fungsi membersihkan pembuluh darah dari kolesterol LDL yang berlebihan. Kadar kolesterol HDL yang tinggi merupakan suatu tanda yang baik sepanjang kolesterol LDL kurang dari 150 mg/dl.

Selain itu ada trigliserida, lemak bebas dalam darah yang berasal dari metabolisme makanan. Kadar trigliserida ini akan meningkat bila kita mengkonsumsi kalori berlebihan.

Normalkah kolesterol Anda?

Kadar kolesterol yg normal adalah di bawah 200 mg/dL, kadar trigliserida (TGA) kurang dari 150 mg/dL, kadar HDL lebih dari 40 mg/dL, dan kadar LDL jangan lebih dari 130mg/dL. Jika lebih dari itu akan berpotensi terkena penyakit hipertensi, jantung dan stroke. Untuk mengetahui pasti berapa kadar kolesterol Anda, lakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala (6 bulan sekali) dan konsultasikan hasilnya dengan dokter ahli.

Tip mengendalikan kolesterol

Untuk mengendalikan kolesterol, ubah pola hidup Anda. Artinya, Anda harus mengubah pola makan kembali ke pola makan yang sehat, berpikir sehat, dan melakukan aktivitas yang sehat, di antaranya:

Ÿ Hindari makanan yang tinggi lemak dan berkolesterol tinggi, seperti daging sapi/kambing/babi, kulit ayam, jeroan, otak, hati ayam, cumi, udang, kerang, kepiting, dan kuning telur.

Ÿ Hindari rokok, alkohol, dan konsumsi gula yang berlebihan.

Konsumsilah makanan yang mengandung lemak yang baik seperti asam lemak omega-3 (ikan laut dalam seperti ikan salmon, ikan tuna), omega-6 (minyak jagung dan minyak kedelai), dan omega-9 (alpukat, minyak zaitun dan canola oil).

Ÿ Tangkal radikal bebas dengan antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah untuk mencegah terdepositnya lemak dan pembuluh darah. Konsumsilah buah dan sayur 5-9 porsi setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan optimal.

Ÿ Konsumsi makanan tinggi serat atau bantu dengan mengonsumsi NUTRILITETM Fibre Blend Chewable Tablets setiap hari.

Ÿ Olahraga secara teratur akan membantu membakar kolesterol/lemak dalam tubuh menjadi energi dan meningkatkan kadar HDL dalam darah.

Ÿ Hindari stres dengan cara menyempatkan waktu untuk menekuni hobi dan berekreasi.

(Amagram Okt’08)

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: