Oleh: sijaribu | 18 Oktober 2008

5,1 Juta Balita Alami Gizi Buruk

infoSi Jaribu

infoSi Jaribu

 JAKARTA (Pos Kota)- Gizi buruk masih menjadi ancaman anak-anak Indonesia. Saat ini diperkirakan 5,1 juta balita mengalami gizi buruk. Dari jumlah tersebut 54% meninggal dunia.
Guru Besar Ilmu Pangan dan Gizi Masyarakat IPB, Prof Dr Ali Khomsan mengatakan ancaman gizi buruk tersebut terkait dengan banyak hal.
Selain kesadaran masyarakat akan gizi yang masih rendah, kemiskinan juga memberikan andil besar terhadap munculnya kasus-kasus gizi buruk ini.
“Kualitas besaran gizi masyarakat kita hanya berkisar antara 6 persen hingga 10,35 persen. Ini menunjukkan betapa rendahnya asupan gizi yang diterima masyarakat kita,” tutur Ali.
Rendahnya kualitas asupan gizi ini juga yang kemudian disinyalir menyebabkan kualitas fisik orang Indonesia lebih rendah dari bangsa yang lain. Hal ini ditunjukkan dari laporan Unicef pada tahun 2000 lalu, yang menyebutkan bahwa anak-anak Indonesia yang berusia dua tahun ternyata memiliki berat badan lebih rendah dua kilogram dan tinggi tubuh lebih rendah lima sentimeter, bila dibandingkan anak-anak negara lain.
INFEKSI PENYAKIT
Senada dengan Ali, dokter anak dan dosen FKUI, dr Yosef Hartadi menyebutkan kekurangan gizi pada anak bisa disebabkan oleh dua hal yakni infeksi penyakit dan rendahnya asupan gizi akibat kurangnya ketersediaan di tingkat rumah tangga atau keluarga.
Kemiskinan, pendidikan yang rendah dan minimnya kesempatan kerja akibat kondisi politik dan ekonomi yang buruk, kata dia, juga merupakan faktor pemicu timbulnya masalah gizi dalam masyarakat. sumber dari sini 


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: