Oleh: sijaribu | 6 Oktober 2008

kekurangan ion tubuh minum aja kelapa muda

tipSi Jaribu

tipSi Jaribu

Meski air kelapa kadang hanya dianggap sebagai ‘limbah’ buah kelapa dan hanya dikenal sebagai air pelepas dahaga. Namun siapa menyangka, di balik air dari buah nyiur ini tersimpan khasiat serta nilai nutrisi yang luar biasa. Secara alamiah, air kelapa terutama dari kelapa muda mempunyai komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga memiliki kesetimbangan elektrolit yang nyaris sempurna setara dengan cairan tubuh manusia.

Tak kenal maka tak sayang. Sebaiknya ketahui kandungan nutrisi dalam air kelapa muda ini agar  suatu saat nanti Anda dapat mengeruk manfaatnya secara maksimal.

‘Rahasia’ dalam air kelapa muda

Air kelapa muda mengandung unsur nitrogen yang di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa muda berupa mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Itu sebabnya, setelah minum kelapa muda tubuh Anda akan terasa kembali segar.

Air kelapa muda juga mengandung vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa terkadang juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan.

Manfaat air kelapa

  • Penetral racun. Air kelapa muda berkhasiat sebagai obat berbagai jenis penyakit. Terutama untuk menetralkan racun dalam tubuh.
  • Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
  • Mengurangi rasa panas akibat terbakar. Caranya, campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih. Tambahkan air kelapa, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas. Rasa panas akibat terbakar pun akan segera hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.
  • Menyembuhkan sakit disentri. Jika air kelapa terutama kelapa hijau diminum secara teratur pagi dan sore hari. Maka penderita disentri akan cepat pulih.
  • Menyembuhkan demam berdarah. Caranya, minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali. Akan lebih baik lagi jika ditambahkan sedikit garam dan madu.
  • Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan. (conectique)

sumber: hidupsehatselalu.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: