Oleh: sijaribu | 30 September 2008

siapa yang benar…?

oleh : Antah

Sesuatu yang tak pernah terfikirkan sebelumnya terjadi di dalam cerita lucu ini. Entah kebodohan atau kekeliruan, tetapi nyatanya ada hal yang lucu terjadi.

Seorang pelancong Australia terlihat ragu ketika berada di ujung Jl. H. Eman tempatnya menginap. Untuk menjawab keraguannya, Dia kemudian bertanya pada seorang bocah yang lewat di hadapannya.

“Maaf dik, Numpang Nanya.. Apa betul ini jalan H. Eman?,” tanyanya dalam bahasa Indonesia yang baru saja dipelajari.

Si kecil itu mengangguk sambil menjawab, “ha’ah”

Pelancong itu tidak faham dengan perkataan ‘ha’ah’. Namun anak kecil itu mengangguk, dia yakin bahwa jawabannya itu artinya betul. Namun demikian dirinya masih dalam kebingungan dan masih curiga akan jawaban anak kecil tadi.

“Maaf dik.. tumpang tanya… Apa betul nama jalan ini adalah Jl. H Eman?,” tanyanya kembali pada seorang remaja di hadapannya.

Remaja itu pun mengangguk sambil menjawab, “Benar”

Namun demikian pelancong itu tidak juga memahami perkataan ‘benar’. Tapi karena remaja itu mengangguk, dia yakin jawaban itu artinya betul. Tapi si pelancong itu masih juga belum puas.

“Maaf encik.. saya tumpang tanya… Apa betul nama jalan ini Jl H. Eman?,” tanyanya pada pria dewasa. Pria itu pun mengangguk sambil menjawab, “Betul.”

Baru akhirnya pelancong itu merasa puas, tapi masih keheranan mengapa tiga jawaban itu berlainan. Untuk kepastian si Pelancong sekalian menanyakan hal itu pada pria dewasa ini.

“Saya bingung, tadi saya bertanya kepada anak kecil, tapi jawabannya
‘ha’ah’, lalu saya bertanya pada seorang remaja dan jawabannya ‘benar’. Terakhir saya bertanya kepada anda, jawaban anda ‘betul’, dan semuanya mengangguk. Sebenarnya mana yang betul?,” jelas sang Pelancong.

“Oh, itu maksudnya sama aja, kalau yang menjawab ‘ha’ah’ berarti latar belakang pendidikannya sekolah rendah. Kalau yang menjawab ‘benar’, orang itu latar belakang pendidikannya pasti sekolah menengah. Dan kalau yang menjawab ‘betul’ itu pastinya orang itu adalah sarjana,” jawab orang dewasa itu.

“Jadi.. anda tadi menjawab ‘betul’, berarti Anda seorang sarjana ya?,” tanya Pelancong lagi..

Orang dewasa ini terus mengangguk sambil
menjawab, “ha’ah!”


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: