Oleh: sijaribu | 29 September 2008

Makanan Sehat untuk Perawatan Kulit

tipSi Jaribu

tipSi Jaribu

Perawatan kulit

dari luar pasti sudah sering Anda dengar. Mulai dari yang alami seperti lulur tradisional hingga cara-cara yang lebih modern seperti botox dan lain-lain. Pertanyaannya, selainperawatan dari luar yang sudah disebutkan tadi, ada tidak sih perawatan dari dalam yang bisa dilakukan untuk membuat kulit sehat? Ternyata kulit sehat dan indah juga bisa didapat diperoleh melalui makanan yang bergizi dan sesuai dengan jenis kulit.

Makanan sehat memang rasanya tidak seenak junk food, tapi dengan mengenali kondisi kulit Anda dan memilih makanan dan minuman sehat dan bergizi sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan akan sangat membantu. Atau bisa juga dengan membiasakan untuk memakan makanan tersebut setiap harinya. Karena tidak selamanya kok makanan bergizi itu memiliki rasa yang tidak enak.


Beberapa jenis buah dan sayuran bahkan rempah-rempah dibawah ini bisa Anda jadikan pilihan. Dimana makanan-makanan tersebut tentunya penuh dengan kandungan vitamin A, C, E, zat besi dan selenium yang diperlukan tubuh dan kulit.

1.   Buah jeruk, si bulat berwarna oranye ini bisa menemani Anda saat makan siang. Ganti air mineral atau soft drink yang biasa dipesan dengan jus jeruk. Hindari pemanis atau gula. Akan lebih baik jika diminum murni. Kaya akan vitamin E yang baik untuk mencerahkan kulit.

2.   Buah alpukat, buah ini seperti buah jeruk yang mengandung banyak vitamin E yang cocok untuk kulit. Dapat dikonsumsi secara langsung ataupun di jus. Minyaknya sering digunakan sebagai bahan dasar sabun untuk tubuh dan wajah yang dapat digunakan mulai dari bayi hingga orang dewasa.

3.   Buah aprikot, cocok untuk kulit kering dan kusam. Sebelum tidur manjakan diri Anda dengan plain milk yang dicampur dengan buah aprikot.

4.   Untuk kulit kering dan sensitif, buah stroberi bisa jadi pilihan. Buah ini mengandung antioksidan yang bemanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan kulit.

5.   Mulailah mencintai sayur-sayuran, misalnya wortel, selain baik untuk mata juga baik untuk kulit Anda.

6.   Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan kuaci bisa dijadikan alternatif cemilan favorit. Selain menjaga kekuatan tulang, biji bunga matahari yang mengandung thiamin dan niacin juga berguna untuk menjaga kesehatan otak dan kelembapan kulit.

7.   Wanita biasanya takut memakan telur, padahal telur itu kaya akan protein untuk menjaga kesehatan kulit. Asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tentunya tidak akan menjadi masalah.

8.   Onion dan garlic. Bawang putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama untuk para wanita. Karena mengandung chromium dan vitamin C yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker sekaligus memelihara tulang agar tetap kuat. Sedangkan bawang merah bisa membantu meremajakan sekaligus menghaluskan kulit. Jangan takut dengan baunya yang kurang enak, karena bisa dihilangkan dengan menggosok gigi.

9.   Sereal, selain mudah untuk disajikan, juga memiliki komposisi vitamin yang lengkap untuk tubuh dan kulit. Apalagi jika ditambahkan susu yang memiliki kandungan kalsium yang dibutuhkan untuk tulang dan gigi.

Masih banyak pilihan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi untuk kesehatan kulit. Bukan berarti Anda tak boleh memakan junk food, tapi ada baiknya jika diimbangi lagi dengan makanan dan minuman yang sehat. Misalnya dengan mengonsumsi Yoghurt selang beberapa waktu setelah memakan junk food.

sumber: http://www.harianku.com/


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: