Oleh: sijaribu | 27 September 2008

PERKATAAN TERAKHIR

Baca: 2 Timotius 4:9-18



Daily siJaribu

Daily siJaribu

Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku—kiranya hal itu jangan ditanggungkan ke atas mereka. —2 Timotius 4:16



Bacaan Untuk Setahun: 2 Timotius 1—4, Amsal 31:1-9

 

 

Beberapa hari menjelang kematiannya, Gandhi menulis, “Aku begitu dilingkupi oleh kegelapan; Aku memohon untuk datangnya terang.” Bandingkan dengan perkataan penginjil D. L. Moody,“Inilah kemenanganku; inilah hari penobatanku! Sungguh mulia!” Dalam kedua contoh ini, perkataan mereka yang terakhir adalah ungkapan yang penting tentang pandangan mereka atas kehidupan, kematian, dan segala sesuatu yang terjadi dalam masa hidup mereka.

Di luar beberapa salam pribadi, perkataan terakhir yang tercatat dari Paulus bukanlah mengenai apa yang telah dilakukannya dalam hidup dan pelayanan, tetapi berhubungan dengan bagaimana ia memandang orang lain. Yang menjadikan perkataan itu terlebih penting adalah sebagian dari perkataan itu adalah mengenai orang-orang yang telah mengecewakan dirinya.

Sehubungan dengan seorang yang telah merugikan Paulus dengan menentang pelayanannya, ia mempercayakan kepada Tuhan untuk berurusan dengan orang itu. Dan ketika memikirkan mereka yang telah mengabaikannya sewaktu dirinya dipenjara, Paulus meminta kepada yang lain untuk mengampuni mereka: “Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku—kiranya hal itu jangan ditanggungkan ke atas mereka” (2 Tim. 4:16). Perkataan terakhirnya menyatakan belas kasih dan kebaikan ketimbang kata-kata kasar dan nafsu untuk membalas.

Akankah perkataan terakhir kita memperlihatkan kasih Kristus atau kepahitan dari sebuah hati yang terluka? Jawaban kita seharusnya memengaruhi kata-kata yang kita ucapkan hari ini. —WEC

Apa yang telah Anda tulis di buku kenangan?
Perbuatan yang Anda lakukan dalam nama Sang Tuan?
Perkataan yang Anda ucapkan untuk memasyurkan nama-Nya?
Apa yang telah Anda tulis hari ini? —NN.

Apa perkataan yang akan menjadi warisan Anda?

Sumber: http://www.rbcintl.org/odb/id-odbtxt.php?lang=id


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: