Oleh: sijaribu | 26 September 2008

Lebaran Tetap Asyik Meski Pembantu Mudik

tipSi Jaribu

tipSi Jaribu

Beberapa hari lagi seluruh umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan, Hari Idul Fitri. Namun di balik kegembiraan tersebut, terselip kekhawatiran para ibu rumah tangga karena terpaksa ditinggal pembantu yang ikutan mudik. Jika Anda harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri, ikuti kiat berikut agar liburlebaran tetap terasa asyik. 1.  Mengorganisir kegiatan di rumah
Buatlah pembagian tugas kepada seluruh anggota keluarga, dalam hal ini sangat dibutuhkan kerjasama baik antar suami, istri, atau anak-anak. Masalah baru akan timbul jika suami senang diladeni dan suka main perintah. Kebersihan rumah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama.

2.  Fokus pada tugas harian
Tidak semua pekerjaan rumah harus diselesaikan dalam waktu dua minggu ketika si mbok mudik. Fokuslah pada tugas-tugas harian seperti mencuci, setrika, masak, atau membersihkan rumah. Mencuci tirai dan  gorden, atau membersihkan noda di karpet bisa ditunda bukan?

3. Jika punya anak kecil
Nah ini yang repot. Akan sangat membantu jika ada anggota keluarga, seperti ibu atau adik Anda yang bisa dimintai bantuan. Jika tidak, jangan putus asa, Anda bisa memakai jasa pembantu pengganti dari yayasan kendati tarifnya cukup mahal. Ingin berhemat? Mintalah pengertian suami untuk membantu kerepotan Anda dalam mengasuh si kecil dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

4.  Masak praktis
Untuk menyiasati kerepotan memasak, pilihlah menu yang praktis dan cepat. Menu yang bisa awet sampai beberapa hari bisa menjadi alternatif Gunakan bumbu jadi atau bahan makanan yang dibekukan. Makan di luar juga bisa dijadikan pilihan, sekalian refreshing setelah lelah mengerjakan tugas-tugas di rumah.

5.  Titipkan si kecil
Setiap perusahaan memiliki waktu libur lebaran yang berebeda-beda. Jika Anda dan suami sudah harus masuk kerja sementara pembantu Anda belum kembali, titipkan si kecil pada orang yang Anda percaya. Bisa juga menitipkan si kecil di tempat penitipan anak (daycare) sehingga Anda bisa tenang bekerja.

Sumber: http://64.203.71.11/ver1/Perempuan/0710/09/154640.htm


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: