Oleh: sijaribu | 21 September 2008

MENGAJARKAN DENGAN TEPAT

Baca: 2 Timotius 2:14-19


Daily siJaribu

Daily siJaribu

Hendaklah engkau berusaha sungguhsungguh . . . mengajarkan dengan tepat ajaran-ajaran benar dari Allah. —2 Timotius 2:15 BIS


Bacaan Untuk Setahun: Mazmur 111—113

 

 

 

 

 

Di tahun 1879, James Murray diangkat sebagai editor dari The Oxford English Dictionary. Pendidikannya tidak terlalu tinggi, tetapi ia adalah seorang ahli bahasa yang berbakat. Murray melibatkan sejumlah besar sukarelawan di seluruh dunia untuk membaca banyak bacaan dan mengiriminya penggunaan dari kata-kata yang dimaksud. Di Oxford, ia dan sejumlah kecil staf ahli membuat katalog dan menyunting semua definisi yang mereka terima.

Di masa hidupnya, Murray dianugerahi gelar bangsawan dan doktor kehormatan dari Oxford. Dewasa ini, Oxford English Dictionary setebal 20 volume tersebut masih diakui sebagai salah satu kamus yang paling akurat dan komprehensif di dunia.

Ketepatan dan ketelitian dalam penggunaan kata-kata yang diwariskan oleh Murray mengingatkan saya pada apa yang ditulis rasul Paulus kepada Timotius, seorang gembala muda di gereja Efesus: “Hendaklah engkau berusaha sungguh-sungguh supaya diakui oleh Allah sebagai orang yang layak bekerja bagi-Nya. Berusahalah supaya engkau tidak malu mengenai pekerjaanmu, melainkan mengajarkan dengan tepat ajaran-ajaran benar dari Allah” (2 Tim. 2:15 BIS). Frasa “mengajarkan dengan tepat” adalah sebuah metafora yang diambil dari keahlian seorang tukang batu ketika ia memotong bebatuan dengan ukuran yang tepat sehingga sesuai dengan letaknya dalam sebuah bangunan.

Ketepatan dalam penggunaan kata-kata sangatlah penting untuk menafsirkan firman Allah dengan akurat. Marilah kita menjadi orang-orang yang sungguh peduli pada apa yang dikatakan Alkitab dan maknanya. —HDF

Untuk mengajarkan firman kebenaran dengan benar
Dibutuhkan ketekunan dan perhatian;
Jadi luangkan waktu untuk mempelajarinya
Kemudian perkatakan kebenaran itu. —Hess

Mengajarkan dengan tepat firman Allah melipatgandakan pemahaman kita.

sumber: http://www.rbcintl.org/odb/id-odbtxt.php?lang=id


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: